Islam adalah Agama yang Cinta Damai

15823708_10154241203980886_1698848665646596367_n

Wahai Muslim! Apa yang kita lakukan? Kita telah melupakan agama kita, yaitu agama yang cinta damai. Mana bukti cinta itu yang disebutkan oleh Nabi ﷺ? Sayyidina `Umar (r) meriwayatkan sebuah hadits dari Nabi ﷺ:

 
Ada orang-orang di antara hamba-hamba Allah yang bukan Nabi dan bukan pula syuhada. Pada Hari Kiamat, para Nabi dan Syuhada sangat senang untuk berjumpa dengan mereka sehingga mereka akan memeluknya karena melihat kedekatan mereka kepada Allah (swt), dan Dia akan membawa mereka begitu dekat. Mereka bukan Syuhada dan Anbiya, dan para Syuhada dan Anbiya akan berdiri dengan terheran-heran ketika melihatnya, dan mereka berkata, “Siapakah orang-orang yang berdiri di Hadratillah ini?” Dan para Sahabat bertanya kepada Nabi ﷺ, “Maukah engkau mengatakan kepada kami siapa orang-orang ini?” Dan Nabi ﷺ menjawab, “Mereka adalah orang-orang yang berkumpul bersama dan saling mencintai satu sama lain karena Allah.” (Ibn Hibban)
 
Mereka tidak melakukan apa-apa lebih dari itu, mereka saling mencintai satu sama lain, menciptakan masyarakat yang baik, kebudayaan yang baik, dan pemahaman yang baik satu sama lain, dan itulah sebabnya hati mereka hidup dan penuh dengan spiritualitas. Allah (swt) membawa orang-orang ini dekat kepada-Nya dan mereka dibawa bersama karena mereka saling mencintai satu sama lain, meskipun mereka tidak punya hubungan darah.
 
Seperti halnya kalian yang datang ke dalam pertemuan ini, kalian bukan sanak saudara satu sama lain. Mengapa kalian datang? Ada sesuatu yang membawa kalian ke sini, sebagaimana Nabi ﷺ menyebutkan bahwa Allah (swt) meletakkan sesuatu yang istimewa di dalam qalbu Sayyidina Abu Bakr (r). Jadi tidak ada hubungan darah di sini, tidak ada paman dan keponakan, kakak beradik. Kita berkumpul bersama-sama karena kita mencintai agama kita dan kita mencintai satu sama lain. Tidak ada urusan bisnis atau “manajemen bisnis” di antara mereka.
 
Shaykh Hisham Kabbani
Nazimiyya Indonesia
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s