16426285_10154315199850886_2130016408993935176_n

“Hamba-Ku tidak akan berhenti mendekati-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai dari apa yang telah Kuwajibkan atas mereka, dan hamba-Ku tidak akan berhenti mendekati-Ku melalui ibadah sunnah (nawafil) sampai Aku mencintainya. Ketika Aku mencintainya, Aku menjadi pendengarannya yang dengannya ia mendengar, penglihatannya yang dengannya ia melihat, tangannya yang dengannya ia melakukan sesuatu, dan kakinya yang dengannya ia berjalan. Jika ia meminta kepada-Ku, Aku pasti akan memenuhinya dan jika ia mencari perlindungan pada-Ku, Aku pasti akan melindunginya. (Hadits Qudsi, Bukhari)
 
Dalam Hadits Qudsi ini, Allah (swt) berfirman kepada Nabi (saw) untuk mengatakan kepada umat, “Jika mereka mendekati-Ku melalui ibadah sunnah (nawafil)…,” kita tidak bisa melarikan diri dari kewajiban kita, kita harus memenuhinya, tetapi dekati Allah dengan ibadah sunnah kita, melalui Sunnahnya Nabi (saw) dan melalui akhlak yang baik, makaarim al-akhlaaq:
وَإِنَّكَ لَعَلى خُلُقٍ عَظِي
Dan sesungguhnya engkau benar-benar mempunyai akhlak yang agung. (Surat al-Qalam, 68:4)
انما بعثت لاتمم مكارم الاخلاق
Aku tidak diutus melainkan untuk menyempurnakan akhlak. (Bazzaar)
 
Kalian harus mendekati Allah (swt) melalui akhlak yang baik. Barang siapa yang melakukannya ia akan mampu mendengar apa yang tidak dapat didengar oleh orang lain, dan mampu melihat apa yang tidak bisa dilihat oleh orang lain, yang artinya masih ada kemungkinan untuk dapat melihat dan mendengar, kalau tidak, Allah tidak akan mengatakannya kepada Nabi (saw) untuk disampaikan kepada umat. “Hamba-Ku tidak akan berhenti mendekati-Ku melalui ibadah sunnah hingga Aku mencintainya,” titik, selesai! Ketika Allah mencintai seseorang (segala urusan lainnya) selesai.
 
Shaykh Hisham Kabbani
Nazimiyya Indonesia
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s